Wednesday, June 6, 2012

birth story of our lil man

heyak heyak!
this post is gonna be a long one!
setelah permohonan gue untuk mules di posting terakhir, akhirnya si sinyo chippo lahir juga pada tanggal.. 17 May 2012!!
zzz lama amat ya, padahal baru gue liat lagi posting terakhir itu tertanggal 12 May 2012
jadi menyambung cerita terakhir, kita si pasangan pengangguran ini melanglang buana per-emol-an setiap hari sampe terkaget2 setiap bayar parkir [yaeyalah, wong muter sampe jam2an nunggu kontraksi]
kontraksi antara ada dan tiada, kadang kenceng kadang engga
gue yang agak parnoan dan gak sabaran akhirnya request supaya tiap hari kontrol ctg ke RSPI, yang dengan mantap ditolak mentah2 oleh si mister [ya ampun babeh mu kenapa medit sekali, nak TT___TT] dengan alasan selama gue bisa ngerasain chippo masih gerak2 artinya masih wokeh, dan bagus kalo gue ga berasa sakit karena artinya gue kuat gagah perkasa!! [xena mode : on]
oyak.. dari terakhir gue kontrol per tanggal 10 May 2012 itu gue masih sempet jalan2 berburu baby box graco dari BSD sampe ITC fatmawati hahaha
lalu pada akhirnya, per hari senen, 14 May 2012 saat kita jalan2 puter2 di PIM sampe kaki berasa mau copot, gue mulai merasa perut gue kenceng nya konstan per 10 menit.. kenceng dalam arti keras, tapi gak mules
si mister merasa agak khawatir, akhirnya nganterin gue ke RSPI yang tinggal lurus doangan jalannya dari PIM 1
sampei sana gue di observasi di ruang bersalin, dan ternyata gue [baru] masuk bukaan 3! coba ya.. berapa hari tuh bukaan 2 naik level jadi bukaan 3 TT___TT
nah tadinya gue udah ditahan gak boleh pulang tuh, tapi berhubung kamar rawat nya penuh dan gue dikasih kamar VVIP A yang semalemnya "cuma" rp.2.050.000, males lah ya kalo gue kudu ngamar di sono.. mending gue ngamar di ritz calrton dengan harga segono ketauan!!
jadi gue nego lah sama bidan2 disana dan untung nya masih boleh pulang dengan syarat begitu kerasa mules harus cepet2 balik ke sana ga peduli jam berapa
jadi baiklah, saya pulang malam itu dengan hati gembira karena sudah berhemat semalam kamar hotel hahaha
besok nya, hari selasa, 15 May 2012, gue masih sempet makan okonomiyaki terenak menurut gue di jekarda, yaitu di EN okonomi dining di kawasan blok M sono, dan masih dilanjutkan jalan2 kembali di PIM [udah kek rumah kedua aja nih]
sore2 nya gue balik lagi ke RSPI untuk laporan [kok kaya tahanan luar aja ya jadi wajib lapor 1x24jam] dan di observasi lagi.. akhirnya naik level lagi jadi bukaan 4 [lambat beneeeeer progressnya!]
nah saat itu gue bener2 udah gabole pulang deh, karena takutnya proses naik bukaan itu cepet [tapi nyatanya tidak!]
jadi gue pun ngamar di private delivery room dalam keadaan santei berhubung gue masih gak berasa mules sama sekali
malam pertama itu gue masih sempet ikut yoga hamil di RSPI dengan gerakan2yang menurut si mister alaihim sulitnya [yeah berhubung dia itu bapak hamil 6 bulan yang ga pernah olahraga yes] dan dia pun semakin terpesona [halah!!] ngeliat gue yang harusnya menurut prediksi dokter udah guling2 kesakitan karena kontraksi masih bisa lipet badan sana sini dengan santai ngikutin bidan yang jadi pengarah yoga
oyak, menurut gue worth banget ikut kelas senam hamil di RSPI ini khususnya hari selasa malem & jumat malem, karena gerakan nya beneran yoga hamil yang lebih challenging daripada senam hamil biasa yang cuma belajar napas [dan dengan ongkos 50rebu perak saja, bandingkan dengan kelas yoga gue di thamrin yang sekali dateng nya 104rebu perak zzzz]
lalu abis kelar yoga sekitar jam 8an pun gue di check dalem lagi, ternyata masih bukaan 4 sodarah sodarih!!
padahal gue udah ngarep bener dengan yoga itu bukaan gue bisa ngebut :(
akhirnya dr.fitri bilang, kalo ga ada progress mah kita induksi aja ya biar cepet.. start nya per jam 9 malem itu aja biar perkiraan besok paginya [berarti tanggal 16 May 2012] jam 5 gitu udah lahir
kita yang udah ga sabaran [dan capek harap harap cemas] pun akhirnya ho oh aja dengan keputusan itu
tapi taukah apa yang terjadi, karena gue kelamaan santai2 mandi akhirnya target mulai induksi jam  terlewatkan dan berhubung dr.fitri ada conference besok paginya akhirnya gue di undur aja gitu induksinya takut kalo gue beneran brojolan eh dia nya lagi away gitu!! hahahaha duduuuul
o yak, sampei saat itu gue belom berasa mules ya
santei2, per jam 11 malem gitu di check lagi dan akhirnya naik level ke bukaan 5 tapi dengan kondisi mulut rahim masih agak tebel!
dr.fitri pun bilang untung ga di induksi, coba observasi lagi dan kapanpun gue mulai kontraksi hebat dia bakal dateng [yaeyalah secara rumahnya deket benerrr.. kayanya beneran tinggal ngesot tuh] dan harapan dia bakal bisa lahir subuh itu sesuai perkiraan
...
apa yang terjadi??
nyatanya ga ada yang terjadi hoahahahaha
kontraksi gue masih kalem, gue masih santai2 dan belom kenal sama yang namanya mules
gue masih tidur dengan pules, makan dengan enak, sampe gue jadi omongan semua bidan jaga di sono, katanya kenapa ibuk bisa santei begini sik?? ckckck
dr.fitri pun katanya malem itu udah begadangan standby nunggu kabar kalo bukaan gue udah naik, tapi nyatanya kan ga ada telepon sampe akhirnya dia buka conference itu sambil ngantuk2 hahahaha
lalu per jam 11 siang tanggal 16 May 2012, sesuai instruksi dr.fitri akhirnya gue start di infus induksi
udah berjam-jam, abis 2 vial infus, bukaan gue tetep lambat dan gue masih ga berasa itu mules sama sekali!
akhirnya gue dikasi vial infus ke3 dengan dosis dobel, dan masih tetep ga berasa mules nya
mana katanya orang2 induksi itu sakit?? manah?? [sombong]
jangankan bidan2 ya, dr.fitri aja sampe kaget waktu liat gue, udah bukaan 6 waktu itu, masih makan dengan santai dan masih ketawa ketiwi
lah piye dok? emang beneran ga ada sakit2 acan inih!
nah keadaan mulai berubah nih, jam 11.45 malem [yes gue masih inget malem itu same ke menit2nya!] waktu di check sama bidannya ternyata gue udah masuk bukaan 7 dan mulut rahim gue udah menipis
lalu dia laporan dong, dan instruksi selanjutnya adalah ketuban gue sudah bisa dipecahin dengan cara dicolok2 pake gunting operasi yang panjang itu, mengalir air hangat suam2 kuku, tanpa drama kaya di pilem2 itu [oh my water just broke!!!]
15 menit sisanya, masih bisa ketawa ketiwi menikmati saat2 terakhir ber-bemper depan.. karena pas jam 12 malem persis gue dilanda kontraksi huebaaaat
kebayang gak sih lo.. dari ga ada kontraksi sampe mendadakan kontraksi hebat itu rasanya kaya sekolah akselerasi kali ya hahaha.. ga ada proses, mendadak aja sakit ujubileeeeeeh
saking kuatnya gue pegangan di railing ranjang, sampe bidan nya ngomong buk jangan kenceng2 buk nanti patah pegangan nya :))
kontraksi huebaaaat gue itu bertahan 1,5 jam, sampei akhirnya bukaan lengkap dan siap untuk ngeden
nah proses ngeden sendiri makan waktu 1 jam, dan gue sampei abis napas gara2 gagal muluk huhuhu
kirain ngeden teh gampang ya, kek mau pup aja gitu.. SALAH BESAR! kecuali lo emang udah gak pup selama 9bulan hoahahaha
waktu itu posisi chippo di dalem masih miring, padahal harusnya punggung dia udah belakangin perut gue
akhirnya karena mungkin dr.fitri udah liat gue abis napas, diputuskan untuk pake bantuan vacum supaya bisa memperbaiki posisi chippo di dalem
beneran deh abis di tempel vacum eh sekali ngeden pun lahirlah sudah boss kecil gue itu :')
boss kecil lahir tanggal 17 May 2012, jam 2.28 dini hari dengan berat 3,280gr dan panjang 48cm
we call him Dominick, but i'll continue to call him chippo here [habits are hard to change, aren't it?]
sungguh, rasanya abis brojol itu lega banget ya.. rasanya ada beban besar yang hilang dari perut
waktu abis brojol itu, chippo ditangkep sama dr.fitri, terus babehnya disuru potong tali puser, abis itu secepat kilat 2 bidan yang bantu proses lahiran itu seka2 chippo pake anduk dan nyedot cairan dari paru2nya, dan chippo ditaro di dada gue kurang lebih sekitar 2jam
chippo gak nyari nipple gue, gak langsung ngenyot, tapi kayanya dia peaceful sekali bobok di dada gue.. mungkin itu ya fungsinya skin to skin contact, bocahnya jadi tenang karena bisa denger heartbeat nyak nya
lalu siapa itu yang bilang kalo udah liat anak maka proses jahit kerusakan di bawah itu bakal gak berasa??
karena gue berasaaaa xp
berhubung tiap jarum masuk gue teriak aw, aw, aw sampe akhirnya di biuslah daerah sana hahaha
waktu udah selesai, akhirnya proses pindah kamar ke kamar rawat biasa, chippo dibawa ke ruang bayi buat diukur, dimandiin segala macem
terus gue lupa, gue ngapain ya waktu itu.. kayanya gue sempet tidur sebentar deh
6 jam sesudah lahiran, gue udah bisa jalan2 liat chippo di kamar bayi, sampe si mister takjub karena dia kira gue bakal tepar di ranjang [itulah keajaiban lahiran normal bukan?? :D]
gue menghabiskan 2 malam lagi di RSPI.. kita akhirnya pulang per hari sabtu, 19 May 2012
begitulah proses lahiran chippo yang santai, tidak menyakitkan [yeah cuma berjuang 2,5jam], bikin boros karena 2 malem pertama gue udah harus booking kamar rawat yang gak kepake tapi ditagihkan TT___TT, bikin deg2an karena si bocah terlalu betah di dalem sampe akhirnya baru mau keluar di usia 40 minggu 2 hari
but in the end, it's all worth it :)
thank you chippo, for choosing us as your parent :*
mommy and daddy love you so much
semoga kamu sehat selalu ya nak, tumbuh kembang lah dengan baik dan jadi anak yang berbakti nantinya :')

No comments:

Post a Comment