Wednesday, June 13, 2012

to breastfeed [or not??]

warning : post dibawah bukan pembenaran, tapi curahan hati gue semata.. menurut gue ga ada metode parenting [secara umum, feeding secara khusus] yang paling bener di dunia ini, yang ada cuma ikhtiar orangtua untuk kasih yang terbaik buat anaknya

gue selama ini bercita2 untuk bisa kasih asi exclusive buat chippo
sungguh..
kalo gue gak niat, gak usaha, gak pengen, buat apa gue datengin 2 klinik laktasi dan beli segala macem perlengkapan menyusui dan ASIP?
ceritanya bermula dari hari ke 2 gue pulang dari RSPI
wajar ya bok, selama di RS abis brojolan itu kan masih masa bulan madu.. belom berasa capenya ngurus anak sendirian beserta banyak cucian dan tetek bengek yang harus dilakukan
suster bayi stand by 24jam, chippo pipis atawa pup tinggal pencet bel aja terus suster dateng dan dibawalah boss kecil ke kamar bayi buat digantiin dan dimandiin
pokoke kita selalu ketemuan dalam keadaan bersih dan wangi deh, macem kencan pertama aja
lalu pada saat masa bulan madu yang indah itu udah abis, gue harus pulang [bisa sih kalo mau stay terus2an, tapi siapa yang bakal bayar tagihan RS nya??] dan akhirnya.. i'm on my own!
gue di rumah mami papi gue ini tanpa asisten.. yang standby di rumah ya cuma 2 orang, yaitu gue dan mami gue seorang
lumayan bikin stress, karena gue selama ini kan udah jadi ratu kecil dan termanjakan oleh 2 asisten rumah tangga yang kurang pintar itu sehingga gue udah gak pernah lagi kerjain kerjaan rumah tangga sendiri
lalu ketika hari ke 2 gue di rumah itu, chippo mulai banyak gelisah dan sering nangis2
mami papi gue pun bersabda, chippo haus!
gue yang saat itu masih termotivasi untuk kasi ASIX dan teryakinkan omongan banyak orang bahwa bayi baru lahir itu kebutuhan minum nya sedikit, pasti asi  kita mencukupi endesbre endesbre masih ngotot untuk tetep netekin aja walaupun kondisi nipple gue sudah menyedihkan sekali.. lecet dimana2 sampe kulit ngelupas dan rasanya tiap chippo latch on itu seperti terbakar dan disayat2 sekaligus
chippo masih nangis2
karena itu gue coba untuk pump manual, untuk kemudian menemukan bahwa produksi asi gue [saat itu] beneran sedikit sekali. paling cuma berapa tetes
mami papi gue pun kembali bersabda, anak mu masih haus! kasiyan! kasih suplemen susu formula!
gue yang saat itu merasa sangat terpukul dengan realita yang ada, akhirnya menyerah pasrah dan setuju untuk kasih chippo susu formula, dengan nangis2 [guenya!] karena gue ngerasa sudah gagal jadi ibu untuk menyediakan yang terbaik buat anaknya
lalu chippo pun minum, dengan semangat, pake dot, 30ml sufor pertama dalam hidupnya di usia 5 hari.. setelah itu dia teler dan tidur dengan nyenyak
gue masih sedih sekali, tapi akhirnya gue membenarkan aksi gue tadi dengan kata2 mami gue : mending minum sufor daripada kelaparan kan? kalo kenyang dia tidur, ga rewel kan? asi memang bagus, jadikan sufor suplemen aja kalo asi kamu udah keluar
malamnya gue makan daun katuk kaya orang puasa seminggu, gue minum sari kurma sampe 1/3 botol, gue makan apapun yang katanya bisa boost asi
besok paginya, begitu bangun tidur rasanya kedua gunung kembar gue ini kenapa keras banget kaya batu.. dan itulah awal dari berlimpahnya asi gue
happy ending? NO, not quite there yet
chippo bisa dibilang rakus banget minumnya, sejalan waktu sampe sekarang dia bisa ngabisin 130ml stock ASIP gue dalam sekali minum padahal umurnya baru 3 minggu
lalu karena dia itu rakus dan ngenyot nya asal tapi kenceng, sehingga nipple gue pun ledes [lecet] seperti cerita gue diatas.. gue sangat menyesal kenapa waktu masa bulan madu itu gue gak kumpulin sebanyak2nya info soal latch on, dan kenapa gue juga ga kepikiran buat berguru ke suster bayi soal ini [yang mana pada akhirnya gue lakukan]
dengan alasan pemulihan nipple, maka gue berusaha untuk pump dan chippo gak latch on langsung, sebagai gantinya dia minum ASIP pake botol dan dot
buat gue, aktivitas menyusui yang seharusnya indah dan intim itu jadi menakutkan dan traumatis karena rasa sakit yang gak tertahankan itu, sampe kebawa mimpi dimana gue lagi gendong chippo yang anteng dan manis tau2 dia ngamuk2, mangap buka mulut dan keliatan giginya macem gigi ikan piranha yang lancip dan tajem itu.. serem kan?
karena dari awal udah kenalan sama dot, maka boss kecil kayanya jadi keenakan dan posisi mulut waktu latch on makin gak bener
percayalah, gue udah sampe eneg baca teori posisi menyusui yang baik, teori latch on yang baik dan teman2nya itu, tapi entah kenapa masih sakit sampe saat ini
berhubung chippo jadi jarang nempel langsung sama gue, maka produksi asi gue yang awalnya berlimpah sampe netes2 itu juga berkurang.. dan kemampuan pump gue udah ga bisa ngimbangin nafsu minum nya chippo karena selalu gak mencukupi
lalu bisa ditebak kan arahnya kemana?
yak.. minum sufor.. pake dot [wadefak???]
jadi di umur chippo yang saat ini baru hampir sebulan, dia udah jadi anak susu campur [walaupun masi banyakan porsi asi nya, tetep aja udah campur ya campur :( ]
gue pengen banget bisa nyusuin langsung, karena itu gue ke klinik laktasi RSPI [kurang memuaskan buat gue, gak sebanding sama biaya konsultasi nya] dan klinik laktasi carolus [cukup memuaskan dengan biaya gak sampe 1/2 biaya konsul di RSPI], banyak info, tapi propaganda stop dot dan kurangi sufor gak ngaruh ke mr.hippo & mami gue
gue pun berusaha coba ganti metode pemberian asip [dan sufor #$%^] dengan menggunakan sendok, pipet, soft cup, semua gue udah punya, hanya untuk kembali pada penggunaan dot
alasannya jelas sih, karena pake dot lebih gampang, praktis, gak berantakan, gak usah pake sabar, tinggal lep.. apalagi dengan kondisi tanpa asisten kaya sekarang.. yang berat cuma bagian cuci aja
masalahnya kembali lagi, gue merasa akibat dot bikin mulut chippo waktu latch on langsung ke gue lebarnya jadi gak maksimal, sehingga lecet gue yang tadinya udah berkurang nyerinya jadi sakit lagi dan lagi
semacem lingkaran setan bukan?
lecet - pump - kasi pake dot - latch on ga bener - lecet - all over again
sekarang, kondisi gue [yang katanya] produksi ASI banyak, anak yang rakus [tapi katanya kebutuhan minum masih sedikit dan masih bisa terpenuhi dengan hanya ASI gue saja tanpa sufor] tapi keliatannya masih kelaperan dan akhirnya harus tambah sufor..
isn't it ironic? :'(
gimana caranya biar bisa menyusui dengan tenang, santai, dan katanya tidak menyakitkan?
gue sudah baca semua teorinya, sudah coba aplikasi, dan masih harus kecewa karena kenyataannya praktek gak segampang baca
teorinya, gue paksain nyusuin langsung dan pada akhirnya nipple gue akan baal.. kenyataannya, gue paksain nyusuin langsung malah memperparah lecet gue hingga bengkak dengan resiko ga bisa kasih asi sama sekali
sungguh ya, gue ga menyangka kalo perjuangan menyusui itu jauh lebih berat daripada perjuangan melahirkan :'(

No comments:

Post a Comment