Tuesday, November 22, 2011

overseas?

kemaren ini, gue sempet chat sama senior gue waktu kuliah
senior gue ini sekarang udah ambil PR di ostrali
tadinya gue tanya2 soal kantor dia lagi nyari orang buat programmer apa engga
eh tapi berlanjut dengan dia berusaha nyetan2in gue untuk ikut pindah ke sana :))
jadi menurut dia, ambil PR dan tinggal sambil kerja di ostrali itu sangat nyaman, dengan biaya hidup lebih murah daripada di jekarda
eh kok bisa begitu??
lalu dia kasi perbandingan, gaji fresh graduate di sini dan di sana dan perbandingan dengan biaya hidup
misal di sini dapet idr2.000.000 dan di sana dapet aud2.000
lalu pengeluaran makan siang disini sekitar idr 25.000 dan di sana aud10
duh makan kok aud10, kalo di kurs jadi idr90.000 kan mahal bener yah?
tapi justru ini mindset yang salah, harusnya lo itung dari segi pendapatan kurang pengeluaran, maka saving ratio elo akan seberapa besar?
jadi kembali ke contoh tadi, sebenernya sisa duit lo masih sisa lebih banyak di sana daripada di sini
terus dia ambil contoh lagi. harga laptop di sini berapa untuk kebutuhan kerja
gue jawab yah yang spec nya "cukup" standar kira2 idr7.000.000
lalu dia jawab lagi disini kalo dikurs juga segituan, kira2 aud800
nah berarti kalo elo mau beli laptop di jekarda, kudu nabung berapa bulan dulu gak pake jajan gak pake soping nebeng sama mami papi, malah bisa2 ngutang
kalo di ostrali, gaji aud2.000 masi bisa beli laptop aud800, gak pake ngutang dan masi banyak sisa
hahahahahaha
disini gue baru mikir dan merevisi mindset gue soal mahalnya biaya hidup di luar negeri
iya bener juga ya, yang harus diliat itu sebenernya adalah spending dan saving ratio kita dan bukannya itung2an konversi kurs
pantes aja gue selalu berasa gak punya asset walaupun udah gawe 5taonan
boro2 bisa beli rumah ya, tabungan gue pun masi belom cukup buat beli mobil *baru* sendiri
dan kalopun gue nekad beli mobil pun, tabungan gue bisa minus
padahal gue ini bukan tipe shopaholic yang hobby belanja barang2 merek & mahal
i always shop the smart way, gue beli kalo lagi butuh dan cari diskonan tapi barang oke *umm ini smart apa pelit ya :))*
lalu gaji gue, yah emang bisa dibilang kecil sih buat consultant SAP.. underpaid inih :(( *curhat*
jadi kenapa tabungan gue lambat naiknya ya gara2 kombinasi gaji kecil sama biaya hidup yang keliatannya kecil padahal sebenernya besar nih
lalu senior gue itupun melanjutkan aksi racunnya
dia bilang, semua fasilitas kesehatan & pendidikan di sana itu FREE
jadi mau sekolah gratis, ke dokter gratis, rumahsakit gratis, and so on and so on
disini gue udah mulai ngecess :((
di endonesa dan di jekarda pada khususnya, beneran cuma mimpi kali ya ada fasilitas kesehatan dan pendidikan gratis namun tetap berkualitas
yang ada di sini, untuk pendidikan makin mahal tiap taon tapi mutu gak terjamin
kesehatan juga, ongkos dokter juga makin mahal dan ada tendensi untuk asal diagnosa, makin parah penyakitnya makin seneng karena bisa dikerok duit makin banyak.. dan semua orang *yang punya duit* pasti lebih milih berobat ke sinciapo karena dokternya lebih terjamin which is biaya yang kudu dikeluarin juga makin besar dong!
jadi, kesimpulan yang kaya ya makin kaya sedangkan menengah ke bawah makin kembang kempis ngikutin trend "segala segala mahal" ini
coba ya.. kapan endonesa mau maju kalo kaya gini :(
pantesan banyak orang pinter macem tante srimul yang pindah karena gak dihargai disini, malah disalah2in ya
banyak juga temen2 gue hijrah overseas karena disana emang lebih dihargai dengan dikasi gaji layak dan fasilitas yang pantes
hadoh gue bisa ngoceh panjang lebar karena gak puas nih sama keadaan di sini :(
satu yang gue sesali, kenapa gue dulu2 gak cari2 info ya soal hidup dan kerja overseas
menyesal sangat :(

No comments:

Post a Comment