Wednesday, January 25, 2012

gong xi fat chai!

GONG XI FAT CHAI!
xin nian khuai le

the hippos wish you prosperity, good health, and good luck
may the good fortunes come to you
may all your hopes and dreams come true
also successful in business and happy family!

ps : ini gue copy paste aje dari greetings yang gue dapet yak hahahaha

jadi acara imlek kemaren kita habiskan di puncak - cipanas dan cianjur, secara family dari mami mr.hippo kebanyakan masih berdomisili di sini
nah berhubung gue ini kan manusia tanpa budaya ya, jadi itungannya kira2 sebelom 4taon yang lalu itu gue gak paham sama sekali budaya cina pada umumnya
jadi boro2 budaya yang detail ya macem chengbeng lah, cap go meh lah, dll.. lah acara sincia aja gue gak paham dan gak pernah ikutan
yang gue tau cuma sincia itu saatnya bagi2 angpao aja, that's all
lalu tibalah waktu gue dibawa mr.hippo buat ketemu keluarga besarnya waktu itu untuk dikenalin, baru deh gue pelan2 belajar, kalo sincia itu gak cuma saatnya bagi2 angpao doang, tapi waktunya makan enak juga!! hahahahaha
gak juga deh ya, gak soal makan enak nya, tapi pas malem sincia itu juga saatnya berdoa ke dewa2
sekali lagi, karena gue ini katholik dan gak ngerti budaya jadi gue missed bagian sembayang ini.. yang gue tau cuma bakar hio dan angkat 3 kali tanpa tau makna sebenernya dan doa nya gimana hehehe
nah gue sebenernya bukan mau cerita soal sincia itu acaranya gimana sih, karena gw kan ga ngerti ya.. info diatas kalo dibaca sama yang paham juga udah pasti di protes karena emang belom tentu bener hahaha *menyesatkan*
sebenernya gue mau cerita soal kumpul2 keluarga besar mr.hippo
jadi yah selama ini karena gue besar di keluarga yang sudah termodernisasi dimana siapapun perempuan baik lebih tua atau lebih muda daripada mami gue ya gue panggil tante, dan siapapun laki-laki baik lebih tua atau lebih muda daripada papi gue ya gue panggil oom.. common lah ya buat kita2 yang dari lahir udah tinggal di jekarda beserta segala ke-heterogen-itas [halah] yang ada di sini.. ibarat melting pot udah campur2 kalik
nah di keluarga besar cianjur ini, penyebutan berdasarkan level itu masih ada
jadilah kemaren gue olahraga otak dengan menghapal tante A dipanggil dengan kuku A, oom A dipanggil dengan kucong A, tante B dipanggil dengan sukmeh B, oom B dipanggil dengan suksuk B, tante C dipanggil dengan ii C, oom C dipanggil dengan icong C, tante D dipanggil dengan pakmeh D, oom D dipanggil dengan pakpak D, tante E dipanggil dengan kyumeh E, oom E dipanggil dengan kyukyu E, and so on and so on TT___TT
hadooooh kenapa naming chinese itu ribet bener ya huhuhuhu
lah gue jadi kudu mikir harus manggil tante dan oom ini siapa kalo tau2 dikenalin
tapi bagusnya [kalo dipikir2] kita jadi otomatis ngerti si tante dan oom ini levelnya dimana dan siapanya mami papi kita
jadi berikut gue coba jabarkan setau gue sekaligus reminder biar gue gak lupa hahaha
- pakpak : kakak laki2 papa
- pakmeh : istri kakak laki2 papa
- suksuk : adik laki2 papa
- sukmeh : istri adik laki2 papa
- kuku : adik perempuan papa
- kucong : suami adik perempuan papa
- kyukyu : kakak laki2 mama
- kyumeh : istri kakak laki2 mama
- ii : kakak / adik perempuan mama
- icong : suami kakak / adik perempuan mama
- koko : yah inimah udah pada taulah ya.. kakak lelaki kite
- soso : istri si koko
- cici : ini juga udah pada tau yak, kakak perempuan kite
- cihu : suami si cici

kesimpulan : kalo suami nya tante kita tambahin lah -cong, sedangken kalo estri nya om kita tambahin lah -meh
kayanya masi belom lengkap nih list naming yang gue tulis disini
entar kalo kepikiran gue tambahin deh ya
gue cuma kesian sama chippo entar, lah dia pasti ribet bener manggil segala engkong emak tante oom nya berlevel2 macem gini TT___TT

6 comments:

  1. Salah tu... Kakak perempuan mama biasa dipanggilnya ai.. Hehe... Ini br dr 1 aliran lho. Beda aliran beda naming & kdg judulnya sama tp levelnya beda. Org khe ya?

    ReplyDelete
  2. iya berhubung gue belajar otodidak ya mohon maap kalo ada yang salah hahahaha.. cuma di family nya Iv emang tante tua muda dipanggil ii tuh che.. gue pun ga paham.. dan gue lupa mereka nih orang apa sik hahahaha

    ReplyDelete
  3. hmmph.. ituh kan emang marganya dia laaaa

    ReplyDelete
  4. sutralah hai panggil aja mereka semua dengan pak le..bu le..pak de..bu de..more simpel..mudah dihapal hihihi *dijamin langsung dimusuhin sama keluarga besar*

    ReplyDelete
  5. hoahahahahaha i wish i can do that!! [diplototin sama mami mertua TT___TT]

    ReplyDelete