Monday, August 1, 2011

salah strategi

sekarang ini, ada satu hal yang membuat gue sangat frustasi pada setiap hari kerja [eh gak deng.. kayanya sekarang tiap hari deh TT___TT]
coba tebaaak.. apa hayooo..
buat yang pren pesbuk sama gue dan kenyang baca status gue kalo lagi depresi, rasanya gue bisa bayangin mereka teriak bersama "MACET KAAAAAN!"
iya, emang macet yang mau gue omongin *bosennn.. ga ada obatnya!!*

jadi berhubung kantor gue di sudirman dan kantor mr.hippo di gatot subroto, dan walaupun keliatannya sudirman sama gatsu cuman selemparan kolor doang tapi perjalanan ke sono dan sebaliknya itu macetnyaaa ujubilah bin jalik, karena itu maka perlu ada strategi pulang bersama dengan tujuan hemat ongkos ;p
berikut adalah strategi-strategi tersebut dimana kesemuanya gue yang nyamper ke gatsu:
1. naik teksi [baik teksi biru, teksi putih, maupun teksi hejo], walaupun sekarang2 susah bener nyetop teksi dengan warna2 itu namun tentunya metode ini sangat nyaman dan aman.. cuma dompet aja yang kebat kebit karena sekali perjalanan kudu keluar.. 25rebu saja huhuhuhu.. BOROS!!
2. naik bis 640 [eh metromini apa kopaja sih? gw bilang bis orens kok malah diomelin hahahaha], memang biaya hanya 2rebu perak aja mau jauh kek mau deket kek.. tapi umpel2an nya ya robiiii.. kita harus puas hanya bisa berdiri selama kurang lebih 45 menit [yak.. jarak segitu deket tapi macetnya.. 45 menit perjalanan!!]
3. naik odzek, umm belom pernah sih.. tapi pernah nebeng motor temen gue si BPR dan perjalanan kesana emang lebih cepet.. tapi siap2 kanker paru2 20taon ke depan gara2 ngisepin asap knalpot bis2 yang bolos ujian emisi, sama salip2an sama motor lain selalu sukses bikin gue keder sendiri [lagipula ane trauma sama baunya helm seribu umat.. hoeeeek ga bisa ilang dari rambut sebelom keramas 2x berturut2 TT___TT]
4. naik biswae, kalo yang ini sih klise ya.. biaya cuma 3500 tapiiiii.. pindah haltenya kudu jalan jauuuuh sekali.. kemudian di pepes dalam biswae empet2an *walaupun lebih beradab daripada bis orens*.. tetep aja secara perjalanan gak lebih cepet karena rebutan jalan juga sama bis lain & mobil pribadi.. jadi yasudahlah

nah terus pan rumah kita ada di bilangan jakarta barat, jadi akan sangat strategis kalo kita langsung naik tol cawang pulang untuk menghindari 3 in 1 [dan teorinya, naik tol itu kan harusnya cepet ya, gak pakek macet, namanya juga jalan bebas hambatan!]
kenyataan berkata lain.. jadi udah ketebak dong.. jalan tol malah macettt padat merayap!
seringkali kita balik dari gatsu jam 6 kurang, sampe rumah baru jam 1/2 8 dalam keadaan sangat cape lelah lemas lesu dan lunglai.. yaeyalah kalo diitung dari jam pulang gue *JAM 5!!* maka tiap hari gue pribadi harus menempuh perjalanan pulang kurang lebih selama 2.5jam dengan perpaduan beberapa metode

stress banget kan kita jadinya, dan gue jadi bertanya2 sebenernya apa yang salah sih di jekarda?
menurut gue, selama ini macet gak tersembuhkan *malah yang ada makin parah kayanya* karena beberapa hal dibawah
1. transportasi umum *yang gak nyaman*, kenapa pemda ga bisa ngebenahin dan ngedisiplinin *bahasa apa pulak ini hahaha* bis dan angkot yang hobi nya ngetem sembarangan, bikin macet gak karuan di banyak titik jalanan karena 2rebu perak ~karena gak ada duitnyaaaa~
2. transportasi umum *yang agak nyaman*, kenapa gak konsisten dari segi service nya.. contoh yang pas bener adalah kereta dalam kota.. jaman gue masih bertinggal di *ehm* jakarta selatan coret, naik kereta adalah metode pulang buat gue yang paling cepet dan efisien.. dari segi karcis juga masih reasonable pricingnya.. yang bikin sebel adalah jadwal kereta gue ini hobby telat.. kalo dia tepat waktu dateng teng jam 5.30 malah kita para penumpang yang heran dan berseru "TUMBEEEEN"
sekarang malah gue denger harga naik dan kereta ekspres & ekonomi udah dicampur.. tapi sayang sekali kenaikan harga itu gak seimbang sama kenaikan kualitas service nya
padahal harusnya orang PJKA itu bisa tau ya traffic commuter dari kota2 satelit macem BSD, bintaro, depok, bekasi itu kan BANYAK sekali, otomatis lo bisa kira2 dong omzet sehari berapa duit sih hasil penjualan karcis?? kenapa gak diberesin sih urusan jadwal yang bener, dan invest kereta yang lebih layak dan lebih banyak?? karena percayalah, orang akan lebih milih naik angkutan umum yang nyaman daripada capek2 naik mobil pribadi dengan bensin yang udah gak murah juga dan stress pegel ganti kopling
biswae juga gue masukin kesini, karena teorinya naik biswae itu lebih cepet dan continuous gak ada abisnya sampe jam tertentu.. sayang armada kurang banyak di beberapa trayek sampe2 antrian penumpang ngalahin orang ngantre sembako
3. motor pribadi maupun odzek, makin banyak kaya semut yang ngerubungin gula.. tentu orang naik motor dengan pertimbangan motor itu kecil dan lebih gampang nembus macet.. tapi gimana kalo jumlah motor sekarang udah ngalahin mobil & angkutan lain? yang ada jadinya motor itu ikut jadi penyumbang macet dong ya.. dan etika pengendara motor itu sekarang udah gak bagus dalam arti udah gak mengindahkan peraturan.. udah berapa kali sih motor kelindes biswae karena sembarang masuk ke jalur khusus?
4. mobil pribadi, yang juga makin banyak.. katanya endonesa ini masih masuk negara miskin lho, tapi kenyataannya mobil baru laris manis disini.. jadi mungkin bukan miskin maksudnya, tapi kesenjangannya aja kali yang terlalu besar.. yang miskin melarat banyak banget versus yang kaya tajir melintir berapa persen doang.. gue *thank God* masih ada di kategori menengah, jadi dari kacamata gue pribadi sih korelasi antara kemacetan dan mobil pribadi ada karena transportasi umum itu gak memadai.. gue yang tadinya lebih memilih transportasi umum, karena kurang sarana dan prasarana maka merasa sangat tidak nyaman untuk pulang nge-bis karena umpel2an, banyak resiko copet, macet, dan berdiri walaupun biaya murah.. kalo ga ada duit mungkin mau gak mau ya jalanin gih.. tapi kalo buat yang ada duit walaupun sedikit, dia akan pilih jalan yang lebih nyaman walaupun lebih mahal karena ada manfaat lebih..

saat ini gue cuma bisa ngomel, tapi semoga suatu saat gue bisa ikut berkontribusi buat perbaikan jekarda yaa! *gak, gue gak gabung ke salahsatu parpol ato nyalonin diri buat gantiin om kumis kok ;p*
oh ya.. strategi terbaru saat ini, adalah kita pulang sendiri2.. gue nebeng temen kantor sampe slipi jaya dan lanjut naik bis ke salah satu dari mall yang tetanggaan, dan akan dijemput mr.hippo di sono.. terbukti kita bisa hemat 1 jam dengan cara ini *ato gara2 masi awal puasa ya????* :p
sekian acara mengomel
mrs.hippo logging off

3 comments:

  1. masalah lalu lintas di jakarta emang udah kayak benang kusut ya. rasanya udah gak bisa diapa2in selain pasrah. hehehe.
    padahal harga mobil tuh selangit disono, tapi tetep aja banyak yang beli ya. tapi ya gak nyalahin, mau gak mau orang bela2in beli mobil, abis public transport nya gak reliable. jadinya ya kayak lingkaran setan. muterrr aja disitu masalahnya.

    ReplyDelete
  2. Mr hippo loggin on...

    Setuju...

    Mr hippo logging off

    ReplyDelete
  3. @arman : embeeerrr.. jadi mending kite ngikut pindah aja ke LA kayak loe ya ko hahahahaha
    btw thanks for stop by and drop comment :)

    ReplyDelete